Pernah mendengar mengani dark web? Pastinya pernah mengingat bagaimana banyakya orang yang membicarakan mengenai deep web akhir-akhir ini.

5 Kesalahan yang Tidak Boleh Dilakukan Bila Kamu Masuk Ke Dalam Dark Web

berita komputer – Pernah mendengar mengani dark web? Pastinya pernah mengingat bagaimana banyakya orang yang membicarakan mengenai Dark web akhir-akhir ini. Sebelum lebih jauh membicarakan apa saja kesalahan yang tak seharusnya kamu lakukan di Dark web rajapoker, penting untuk kita lebih dulu melihat dan mengetahui apa itu Dark web, dan mengapa tidak berhati-hati di dalamnya bisa berbahaya.

Deep web, berbeda dengan web biasa yang kita kenal. Disini ada banyak sekali hal yang tak terbayangkan. Dan banyak hacker yang siap mengintai segala yang kita lakukan pula. Yang nantinya menggunakan hal tersebut untuk meretas perangkat atau bahkan untuk mencuri identitas pribadi. Karena itu, di bawah ini terdapat 5 hal yang tak boleh kamu lakukan di deep web.

 

1. Mengabaikan hidden WiKi

Apa itu hidden wiki? Hidden wiki di deep web merupakan sebuah website khusus yang menghadirkan semua informasi yang perlu kamu tahu. Bayangkan saja seperti ini, bila Wiki yang kita kenal saat ini memberikan informasi global dan menyeluruh, maka hidden wiki di deep web berupa sebuah direktori khusus, yang nantinya akan menerangkan website-website apa yang kamu kunjungi, dengan segala informasi di dalamnya.

Banyak yang berpendapat, website yang ada di deep web dan masuk ke dalam hidden wiki sudah dipastikan aman. Tapi padahal nyatanya tidak begitu karena sebagian besar website di deep web memang termasuk dalam golongan yang “tidak aman”.

 

2. Mendownload file sembarangan

Di web biasa saja, kamu tak pernah dianjurkan untuk mendownload file sembarangan. Terlebih lagi di deep web. Faktanya di deep web kamu mungkin akan emnemukan banyak sekali file menarik. Entah itu ebook, film-film yang belum dirilis, video, hingga banyak file-file yang tak bisa kamu dapatkan di web biasa. Namun di sisi lain, sembarangan mendownload file tersebut sama saja secara terbuka membiarkan hacker masuk ke dalam perangkat kamu melalui virus, dan malware.

Trik untuk ini, sebelum mendownload apapun dari deep web, pastikan lebih dulu website sumber benar-benar terpercaya. Caranya bisa mengeceknya di forum deep web atau malah di hidden wiki.

 

3. Membiarkan web cam terbuka

Apa? Sekarang kamu mengerti bukan mengapa banyak sekali programmer dan orang penting yang bekerja di bidang teknologi menutup web cam mereka? Alasan keamanan menjadi sebuah alasan paling utama untuk hal ini. Namun selain itu, bila kamu masuk ke dalam deep web, pastikan lebih dulu kamu sudah menutup webcam entah itu dengan kertas, atau lebih baik lagi dengan plaster hitam.

Cara ini, karena banyak hacker di deep web yang mampu mengintai dengan membuka akses pada webcam. Dan seringnya sih yang begini ini akan berakhir dengan pencurian identitas yang fatal.

 

4. Menggunakan identitas asli

Ah ini jelas saja menjadi sebuah kesalahan yang sangat fatal. Di tempat yang serawan deep web, kamu sebaiknya menggunakan masker anonimus sebaik-baiknya. Jangan pernah menggunakan identitas asli sekalipun. Tak peduli itu tanggal lahir, alamat, nama, hingga apapun. Meski seringnya beberapa sosial media dan forum di deep web akan meminta penggunanya memberikan identitas, kamu tentu saja bisa mengarang identitas tersebut menjadi palsu bukan?

Begitupun dengan memberikan alamat email asli. Jangan berikan alamat email yang kamu gunakan sebagai email utama. Sebaliknya gunakan saja email yang bisa akan lenyap dalam 10 hingga 15 menit demi keamanan kamu selama berada di deep web.

 

5. Tak menggunakan anti virus

Percaya atau tidak, ada banyak sekali virus yang berterbangan di deep web. Bahkan link yang kamu klik di sini saja bisa mengundang virus masuk ke dalam gadget. Dan pastinya melakukan hal buruk pada data-data kamu. Bila kamu menggunakan komputer sepertri Windows, maka pastikan sudah memiliki anti virus. Begitupun bila kamu menggunakan komputer dengan sistem operasi Macintosh dan Linux, karena meskipun kedua sistem operasi tersebut “dijamin” aman, namun akan selalu ada cara bagi para hacker untuk menyisipkan virus ke dala komputer dengan dua sistem operasi tersebut ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.